SANTO ONESIMUS

Kisah Orang Kudus 16 Februari 2023: Santo Onesimus

Onesimus adalah hamba santo Filemon di Kolose, Frigia, Asia Kecil. Karena mencuri, ia melarikan diri ke Roma untuk menghindari hukuman. Di sana ia bertemu dengan Santo Paulus dan menerima pewartaan iman akan Yesus Kristus, lalu dibaptis. Hubungan baik antara Paulus dan Filemon dipergunakan Paulus untuk mendamaikan Onesimus dengan mantan majikannya itu.

Paulus menulis surat meminta agar Onesimus diterima kembali bukan sebagai budak melainkan sebagai saudara. Paulus minta supaya kebebasan penuh diberikan kepada Onesimus. Karena di mata Tuhan tidak ada seorang pun dilahirkan sebagai hamba atau budak. Betapa beruntungnya Onesimus, ia kemudian kembali kepada Paulus di Roma. Selanjutnya Onesimus diangkat sebagai uskup di Efesus menggantikan Santo Timotius.

Keberhasilan Onesimus membangkitkan iri hati para musuhnya. Onesimus ditangkap lalu dikirim kepada Tertule, Gubernur Romawi. Onesimus dipaksa menyembah dewa-dewa Romawi. Namun dengan tegas Onesimus menolak serta menentang Tertule,sehingga tangan dan kaki Onesimus dipotong, lalu ia dirajam hingga tewas.

Penulis naskah : Arief Setyawan

Pengisi suara : Sastrodikromo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *