SANTO POLIKARPUS

Kisah Orang Kudus 23 Februari 2023: Santo Polikarpus

Polykarpus adalah seorang Uskup Gereja perdana di Smyrna, Turki. Murid Santo Yohanes penginjil ini memimpin Gereja di Smyrna sampai meletusnya kekacauan yang didalangi oleh para musuh gereja pada tahun 155.

Ketika di tangkap, ia tidak memberikan perlawanan apapun, bahkan Polykarpus tersenyum dan menjamu para penangkapnya dengan makanan yang lezat. Setelah itu, Polykarpus dibelenggu dan diarak ke tengah orang banyak menuju kediaman prokonsul untuk diadili.

Polikarpus dijatuhi hukuman dibakar hidup-hidup, namun tidak sedikitpun menggetarkan hatinya, karena ia tahu bahwa kebenaran ada dipihaknya, bahkan Ia mensyukurinya. Para prajurit mengikat kedua belah tangan Polikarpus dibelakang punggungnya. Kemudian uskup tua itu ditempatkan diatas api unggun yang disulut hingga berkobar-kobar.

Tetapi api tidak menyakitinya sedikit pun. Salah seorang prajurit kemudian menikamkan sebilah pedang ke lambung uskup. Demikianlah, pada tahun 155, Polikarpus wafat sebagai martir. Ia pergi untuk tinggal selama-lamanya bersama Majikan Ilahi yang telah dilayaninya dengan gagah berani.

Penulis naskah : Arief Setyawan

Pengisi suara : Sastrodikromo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *