SANTO IRENEUS

Kisah Orang Kudus 26 Maret 2023: Santo Ireneus

Ireneus masih sangat muda ketika terpilih menjadi Uskup kota Sirmium, sebuah kota di Propinsi Pannonia, Eropa Tenggar. Dia dikenal sebagai seorang Uskup yang beriman kokoh dan punya semangat pengabdian dan kerasulan yang tinggi. Demi Kristus dan kerajaan Allah, ia rela meninggalkan sanak saudara dan orang tuanya.

Sewaktu terjadi penganiayaan terhadap orang Kristen pada masa kaisar Diokletianus, Irenius dihadapkan kepada Gubernur Pannonia untuk diadili. Ia dipaksa membawakan kurban persembahan kepada dewa- dewa kafir Romawi. Uskup Ireneus yang saleh dengan tegas menolak perintah Gubernur. Karenanya, Ireneus disiksa dengan kejam. Ibu dan sanak saudara, kenalan dan sahabat- sahabatnya menganjurkan dia agar dia mengikuti saja kemauan gubernur supaya luput dari kematian ngeri.

Meski mengalami penderitaan, Ireneus tetap setia kepada Kristus karena berpegang teguh pada kata- kata Kristus. Ireneus akhirnya digiring ke atas panggung untuk dipenggal kepalanya. Ireneus tidak gentar, ia bahkan membuka sendiri pakaiannya, lalu mengangkat tangannya ke atas sambil memohon agar Yesus datang menjemput jiwanya. Peristiwa ini terjadi di kota Mitrovicea, Yugoslavia pada tahun 304.

Penulis naskah : Arief Setyawan

Pengisi suara : Sastrodikromo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *