PANGGILAN UNTUK BERTOBAT


Renungan Tetes Embun: 4 Desember 2022

Pada waktu itu tampillah Yohanes Pembaptis di padang gurun Yudea dan memberitakan: “Bertobatlah , sebab Kerajaan Sorga¬† sudah dekat!” (Matius 3:1-2)

Injil hari ini mengisahkan perihal seruan dari Yohanes Pembaptis, yang mengajak kita untuk segera bertobat, karena Kerajaan Allah sudah semakin dekat.

Setiap dari kita tentu tidak luput dari dosa. Dan dalam masa Adven di minggu ke-2 ini, kita semua tengah menanti-nantikan kedatangan Bayi Yesus yang diutus Allah untuk turun ke bumi. Maka Yohanes Pembaptis menyerukan agar kita bertobat, sebab Allah akan datang, dan kerajaan-Nya akan segera tiba!

Tuhan akan segera hadir, dan tentu kita semua harus mempersiapkan diri dengan baik dan menyucikan hati kita di hadapan Allah.

Kerajaan Surga Mesianis ini, sekalipun dijanjikan sebagai suatu kerajaan di dunia, namun tetap berlandaskan pada prinsip-prinsip rohani, dan tetap diperlukan hubungan yang benar dengan Allah, untuk dapat memasukinya!

Oleh karena itulah, panggilan untuk bertobat tersebut hendak “mengubah pola pikiran kita,” yang menghendaki perubahan sikap secara total terhadap dosa; disertai dengan perasaan sesal dan perubahan perilaku. Kerajaan Surga sudah dekat adalah alasan Yohanes untuk memanggil semua orang agar bertobat!

Dengan begitu, kita semua sebagai umat Katolik dipanggil untuk segera melakukakan pertobatan. Dengan bertobat, kita menyesali semua perbuatan yang kiranya membuat hati Allah terluka; sebab seperti yang Yohanes Pembaptis katakan, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat!

Ya Allah, bukakanlah kedua telinga dan mata hati kami untuk mendengarkan seruan dari Yohanes pembaptis untuk bertobat. Layakan kami ya Tuhan, untuk dapat masuk ke dalam Kerajaan Sorga bersama-Mu. Amin.

Penulis: Stefanie Nohos
Pengisi: Maria Indah Stephanie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *